Langsung ke konten utama

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Luka Bakar merupakan salah satu jenis luka yang terjadi kibat paparan panas, karena terbakar api, Luka Bakar semburan air panas, atau karena paparan zat kimia asam basa, akibat paparan matahari dalam waktu yang lama, atau bahkan bisa juga terjadi karena akibat tegangan listrik.
Metode dan cara pertolongan luka bakar tergantung pada beberapa hal, yang pertama adalah tingkat keparahan atau kedalaman luka, yang kedua tingkat luasnya luka bakar yang dialami oleh penderita, dan yang ketiga adalah kondisi umum penderita seperti bagaimana tanda-tanda vital nya.
 
 Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Perawatan Luka Bakar

Sebelum kita bahas lebih lanjut masalah cara penanganan luka bakar, terlebih dahulu anda harus memahami derajat luka bakar, kulit kita memiliki tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan sub kutan atau Hipodermis. 
Kulit memiliki peran dan fungsi sebagai pertahanan tubuh paling luar dan melindungi dari berbagai macam bahaya dan infeksi, selain itu kulit juga bertindak sebagai pengatur suhu tubuh dan menjaga keseimbangan cairan dan elektrolik.
Jika terjadi luka, maka peran dan fungsi kulit dapat terganggu. Nah Tujuan dari mengetahui tingkat lapisan kulit adalah biar kita bisa mengukur seberapa dalam atau luas luka bakar yang terjadi sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat. Klasifikasi ada di bawah ini

Derajat Luka bakar

Berikut ini pembahasan mengenai derajat luka bakar berdasarkan tingkat kedalaman luka yaitu:

Luka bakar derajat 1 atau luka bakar Ringan

Luka bakar ringan, atau hanya mengenai kulit bagian apidermis, biasanya ditandai dengan kui memerah, adanya sedikit pembengkakan, rasa sakit dan perih terlebih saat disentuh, jika luka bakar jenis ini cukup hanya mendapat perawatan dan pertolongan luka bakar di rumah saja, terkeculi jika terjadi pada daerah yang luas. 

Luka bakar Derajad dua atau luka bakar sedang.

Luka bakar yang ditandai dengan nyeri hebat, karena luka lebih dalam dari pada derajat 1 diatas, atau pada tingkat hipodermia, sel saraf ada pada bagian kulit ini, karena itulah biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang sangat. Luka bakar derajat dua di tandai dengan kulit melepuh, muncul gelembung dan keluar banyak cairan bening, kemrahan, berak-bercak merah dan adanya nyeri hebat.
Anda bisa memilih untuk merawat dirumah, asalkan diameter luka bakar yang terjadi tidak lebih dari 5 cm, atau jika luka bukan terjadi pada organ-organ berikut : Pada wajah, selangkangan dan kem#luan, seluruh Lingkar kaki dan tangan, Bagian Pantat atau pada bagian persendian. Jika terjadi di daerah tersebut harus medapat perawatan medis.

Luka Bakar derajat tiga atau luka bakar serius

Luka bakar yang terjadi pada kulit yang lebih dalam atau seluruh lapisan kulit, bahkan terkadang sampai kejaringan otot dan tulang. ini merupakan jenis luka bakar yang paling serius dan harus mendapatkan perawatan dirumah sakit.
Artikel Terkait : Manajemen Perawatan Luka

Pertolongan pertama Luka bakar

  • Jangan panik, segera jauhkan korban dari sumber penyebab luka bakar, jika luka karena api atau Akibat semburan air panas segera jauhkan dari penyebab.
  • Jika luka bakar akibat tersengat aliran listrik atau kesetrum, pastikan aliran listri telah terputus, atau segera putuskan / hentikan arus listrik sebelum anda memberikan pertolongan.
  • Jika masih ada baju sebaiknya baju korban dibuka terlebih dahulu, biar tidak menempel pada luka
  • Siram Dengan Menggunakan air yang mengalir dan air bersih.
  • Jika diameter luka bakar hanya berukuran kecil, dan hanya mengenai bagian lapisan kulit epidermis atau bagian luar dari kulit, cukup siram dengan air mengalir selama beberapa menit dan setelah itu olesi dengan salep khusus untuk luka bakar. 
  • Jika muncul gelembung air, yang didalam nya ada seperti cairan, jangan sesekali mencoba untuk memecahkannya
  • Apabila terjadi luka bakar parah dan menunjukkan gejala kesadaran korban menurun maka segeralah bawa kerumah sakit, namun jika ada tanda-tanda henti jantung dan paru/pernafasan, maka segera lakukan RJP / pijat jantung. ini harus anda berikan pertolongan segera ditempat sebelum anda bawa kerumah sakit Setiap menitnya sangat berharga bagi korban, Lakukan pijat jantung dan bantuan pernafasan melalui mulut kemulut, atau melalui mulut ke hidung jika melalui mulut tidak memungkinkan.

Yang perlu diperhatikan dalam Pertolongan Luka Bakar

  • Jika luka bakar terjadi pada daerah muka, leher, persendian,dan dada maka segera bawa kerumah sakit, karena mempunyai kemungkinan untuk mempengaruhi sistem pernafasan korban. Begitu juga luka bakar yang terjadi di daerah Kem#luan dan Persendian.
  • Penanganan Luka Bakar dengan mengoleskan odol, minyak, mentega, atau kecap sebenarnya kurang tepat. Sebaiknya jangan dilakukan.
  • Jika Diameter luka bakar melebihi 1 telapak tangan, maka kemungkinan harus mendapatkan pertolongan medis, segera setelah mendapat pertolongan seperti diatas langsung larikan kerumah sakit.
  • Semakin luas persentase luka bakar, atau semakin luas diameter luka maka semakin banyak cairan tubuh yang dikeluarkan.
  • Jika ada korban akibat konsleting listrik, pastikan untuk memutuskan aliran listrik sebelum  anda memberikan pertolongan.
  • Prinsip pertolongan pertama pada luka bakar diatas hanya tepat untuk diberikan pada korban luka bakar ringan, Namun untuk luka bakar sedang dan berat setelah melalukan prosedur diatas segera rujuk kerumah sakit. 


HUBUNGI: Kantor Pusat/ Pelayanan HOME CARE :Laughing
Grha PLC Ruko Al. Maira No. C4 Jl. Monumen Pancasila Lubang Buaya Jakarta Timur
Telp : Perjanjian: 021 – 22877580 / 0818595081, MS pusat / HOTLINE: 085282955081
Website: www.klinikmoist.com  email: klinikmoist@yahoo.com  FB: Klinik luka dan stoma

Postingan populer dari blog ini

Faktor Penyebab Utama Dan Jenis Luka Diabetes Melitus

Faktor Penyebab Utama Dan Jenis Luka Diabetes Melitus Diabetes atau yang acap didengar sebagai kencing manis adalah salah satu penyakit kronis yang dapat mematikan. Penderitanya pun sudah menembus angka 382 juta tahun ini. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang memiliki gaya hidup kurang sehat serta kurangnya berolahraga. Sebagian besar  orang beranggapan bahwa penyakit ini hanya disebabkan oleh faktor keturunan. Akan tetapi, bukan hanya itu saja, melainkan banyak unsur-unsur lain penyebab diabetes.    Apakah Anda Tahu Penyebab Diabetes? Penyebab dasar dari penyakit diabetes adalah terganggunya kerja hormon insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Hormon ini sangat penting bagi tubuh sebagai pengatur metabolisme glukosa dalam darah. Ketika kerja hormon sudah terganggu, maka kadar gula dalam darah meningkat yang dikenal dengan sebutan “hyperglycemia”. Selain faktor dari dalam tubuh, faktor dari luar juga sangat berpengaruh. Berikut beberapa faktor luar ya

Jenis-Jenis Luka

 Jenis-Jenis Luka Berdasarkan Kondisi dan karakteristiknya luka dapat dibagi dalam beberapa jenis yaitu : 1. Luka Lecet 2. Luka Memar 3. Luka Robek 4. luka Tusuk 5. Luka Sengatan Listrik 6. dan Luka Bakar Penjelasan tentang jenis-jenis luka 1. Luka Lecet Luka Lecet adalah Luka Yang terjadi apabila adanya kerusakan pada bagian atas kulit, dapat ditandai dengan kulit menjadi kasar, memerah, berdarah, dan biasanya ada rembesaran cairan bening yang keluar dari kulit yang luka 2. Luka Memar Luka memar adalah Suatu kondisi yang disebabkan karena Rusaknya pembuluh darah atau robeknya pembuluh darah pada bagian tubuh tertentu sehingga darah meresap kejaringan sekitar, Luka memar biasanya akibat hantaman benda tumpul. bisa di tandai dengan lebam kemerahan karena akibat pendarahan dibawah permukaan kulit / jaringan. 3. Luka Robek/Sobek Luka Robek Adalah Luka yang terjadi karena rusaknya atau robeknya kulit bagian permukaan atau kulit beserta bagian jaringan dibawahnya. Penyebab luka ini bisa ter

Pengertian Luka

Pengertian Luka Luka adalah suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan atau hilangnya sebagian jaringan tubuh yang bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab seperti trauma benda tajam, benda tumpul, akibat perubahan suhu baik panas maupun dingin, akibat paparan zat kimia tertentu, akibat ledakan, gigitan hewan, sengatan listrik maupun penyebab lainnya. Penyebab luka  Secara garis besar penyebab luka di bagi menjadi tiga bagian yaitu:  fisik, mekanik, dan zat kimia 1. Penyebab luka Secara Fisik   - Karena Paparan Suhu        a. Suhu Panas        b. Suhu Dingin   - Karena Aliran Listrik 2. Penyebab luka secara Mekanik   - Luka karena Akibat trauma benda tajam   - Luka karena Akibat trauma benda Tumpul   - Luka akibat senjata api   - Luka karena bahan peledak 3. Penyebab luka karena Bahan Kimia tertentu   - Karena paparan zat Asam   - Karena Paparan Zat basa