Langsung ke konten utama

Faktor Penyebab Utama Dan Jenis Luka Diabetes Melitus

Faktor Penyebab Utama Dan Jenis Luka Diabetes Melitus

Diabetes atau yang acap didengar sebagai kencing manis adalah salah satu penyakit kronis yang dapat mematikan. Penderitanya pun sudah menembus angka 382 juta tahun ini. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang memiliki gaya hidup kurang sehat serta kurangnya berolahraga. Sebagian besar  orang beranggapan bahwa penyakit ini hanya disebabkan oleh faktor keturunan. Akan tetapi, bukan hanya itu saja, melainkan banyak unsur-unsur lain penyebab diabetes.   

Apakah Anda Tahu Penyebab Diabetes?

Penyebab dasar dari penyakit diabetes adalah terganggunya kerja hormon insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Hormon ini sangat penting bagi tubuh sebagai pengatur metabolisme glukosa dalam darah. Ketika kerja hormon sudah terganggu, maka kadar gula dalam darah meningkat yang dikenal dengan sebutan “hyperglycemia”. Selain faktor dari dalam tubuh, faktor dari luar juga sangat berpengaruh. Berikut beberapa faktor luar yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes :0 
  
  • Faktor keturunan, Faktor ini adalah faktor utama yang dapat menyebabkan diabetes. Resikonya akan lebih tinggi bagi orang-orang yang memiliki orang tua atau silsilah keluarga yang memiliki diabetes. Akan tetapi, tidak 100 persen penderita diabetes berasal dari keluarganya.
  • Obesitas, Kelebihan berat badan yang semakin menjadi-jadi juga dapat menimbulkan resiko terkena diabetes. Hal ini disebabkan oleh lebihnya berat badan yang dapat mengganggu kerja insulin pada tubuh.
  • Kurangnya olah raga, Kurangnya aktifitas fisik juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab penyakit diabetes. Kurangnya kerja fisik menyebabkan kadar gula yang kita konsumsi akan lama terpakai. Akibatnya, prevelansi kadar gula dalam darah akan semakin meningkat.
  • Pola makan, Ini adalah faktor simple yang sering diremehkan, tetapi dapat mengundang penyakit diabetes. Pola makan yang tidak sehat dan teratur dapat menimbulkan kondisi buruk pada tubuh. Kondisi ini pun akan mengganggu kerja hormon. Seperti pola makan yang berlemak dan mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan akan meningkatkan resiko untuk terkena diabetes.
Derajat Luka Diabetes Mellitus
Faktor-faktor tersebut harus sangat diperhatikan, apalagi bagi orang-orang yang  keluarganya memiliki sejarah dengan penyakit ganas yang satu ini. Jika sudah terkena diabetes, akan sangat sulit untuk menyembuhkanya. Apalagi jika sudah terkena komplikasi, seperti komplikasi luka diabetes. Akibatnya bisa sangat fatal, dari amputasi sampai kematian.

Memahami Jenis Luka Diabetes Pada Penderita Diabetes

Luka ini adalah jenis luka diabetes rawan diderita oleh penderita diabetes.  Mulanya, luka ini termasuk luka ringan yang belum terlalu mengganggu. Tapi lambat laun, luka ringan ini berkembang dan menyebar dan menjadi komplikasi luka diabetes atau Gangren. Jika sudah sampai tahap ini, maka penyembuhan jenis luka diabetes ini akan sulit untuk dilakukan. Perkembangan jenis luka diabetes ini tentu saja dipengaruhi oleh meningginya kadar gula pada penderita diabetes. Akibat terganggunya produksi insulin dan kerja hormon insulin , darah pun terpenuhi oleh gula yang tidak berhasil dimanfaatkan menjadi cadangan makanan dan energi untuk tubuh. Gula dalam darah inilah yang menyebabkan kesuburan perkembangan bakteri dan jamur yang terdapat pada area luka. Bakteri dan jamur tersebut tidak akan  mengakibatkan menjadi Ganggren jika perkembangan bakteri aerob dan bakteri anaerob memiliki jumlah yang seimbang. Namun karena terdapatnya gula dalam darah, perkembangan bakteri ini menjadi tidak seimbang. Hal inilah yang menyebabkan jenis luka diabetes tersebut sulit untuk sembuh.
images (57)

Penyebab Utama Luka Diabetes Karena Kurangnya Hormon Insulin Di Dalam Tubuh

1233

Pada dasarnya penyebab utama jenis luka diabetes tersebut adalah terganggunya produksi dan fungsi serta kerja hormon insulin. Kedua permasalahan ini berdampak besar yaitu peningkatan kadar gula yang cukup drastis. Meningkatnya kadar gula dalam darah secara otomatis menyebabkan banyaknya gula yang ikut dalam aliran darah. Hal ini tidak berdampak baik bagi tubuh. Ketika gula ikut dengan aliran darah, otomatis akan menyumbat aliran pembuluh darah. Apabila pembuluh darah tersumbat, pastinya akan mengakibatkan peningkatan tekanan darah. Jika tekanan darah meningkat, akan memberikan dampak negative ke beberapa organ penting lainya seperti, jantung, ginjal dan saraf. Inilah yang menyebabkan terjadinya komplikasi pada penderita diabetes. Jenis luka diabetes ini biasanya terdapat pada kaki. Bermula dari telapak, pergelangan atau ujung kaki, lalu jika tidak ditindak lanjuti dengan cepat, maka akan menjalar dan berkembang menaiki bagian atas kaki. Jika sudah sampai tahap ini, maka kemungkinan terburuknya adalah amputasi bahkan kematian. Kaki penderita diabetes sering mendapatkan gangguan peredaran darah atau dalam istilah medik disebut vascular serta gangguan persarafan atau neuropati yang dapat menyebabkan luka diabetes. Kedua hal ini ditambah dengan infeksi luka dapat mengakibatkan bertambah sulitnya proses penyembuhan. Banyak orang yang percaya bahwa berjalan tanpa alas kaki dapat merangsang peredaran darah. Beberapa dari mereka bahkan berjalan di atas kerikil yang tajam. Hal ini akan cukup berbahaya bagi penderita diabetes. Apalagi sampai terluka pada bagian telapak kaki yang dapat menimbulkan jenis luka diabetes tersebut. Padahal, trauma atau luka pada kaki dapat disebabkan oleh hal-hal biasa, seperti menggunting kuku yang terlalu pendek, menggunakan sepatu yang kekecilan atau tidak pas, karena benda tajam, terkena benda panas dan sebagainya. Kekebalan tubuh yang menurun juga dapat memicu terjadinya jenis luka diabetes ini. Tidak terkendalinya infeksi menimbulkan efek penyebaran dan melebar. Bahkan sampai mengenai otot dan tulang. Ketika tulang sudah terkena infeksi, dibutuhkan antibiotik khusus. Karena antbiotik biasa tidak dapat menembus tulang. Apabila luka sudah terlalu lebar, maka kulit perlu digantikan. Biasanya dokter akan menyarankan untuk mengambil dari kulit lain. Atau jika jenis luka diabetes ini sudah terlalu lebar, maka jalan satu-satunya adalah amputasi.

Luka Kaki Diabetes

Kebiasaan Pasien Penderita Luka Diabetes

unduhan (19)

Dari pengalaman beberapa rumah sakit, penderita jenis luka diabetes ini datang berobat ketika sudah parah atau dalam keadaan yang sudah terlambat. Biasanya pasien menangani sendiri lukanya dengan obat merah atau obat rumahan lainya. Ketika sudah tidak bisa diobati sendiri, barulah biasanya penderita mendatangi dokter. Ketika saat itu, jenis luka diabetes tersebut sudah parah dan biasanya diharuskan untuk dirawat di rumah sakit. Perawatan dan pencegahan  jenis luka diabetes dibawah ini juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Derajat Luka Diabetes Mellitus 
  • Saat mencuci kaki, perhatikan apakah ada terdapat hal yang mencurigakan. Apakah terdapat bercak merah, luka, kuku yang menusuk, kapalan, kulit kering dan pecah-pecah atau melepuh. Lihat juga apakah ada kulit kaki yang berubah warna menjadi kehitaman . Jika iya, hal ini menandakan aliran darah yang tidak lancar dan buruk. Keadaan ini butuh penanganan segera.
  • Penderita diabetes sangatlah sensitive, maka agar jenis luka diabetes semacam itu tidak  terjadi, guntinglah kuku kaki secara teratur dan usahakan dengan aliran lurus. Kikirlah setelahnya. Jangan biarkan terdapat ujung-ujung lancip pada kuku kaki.
  • Untuk tidak memperparah jenis luka diabetes, gunakan alas kaki yang nyaman untuk kaki. Baik ketika di dalam rumah atau pun diluar rumah. Alas kaki haruslah sesuai dengan ukuran kaki. Jangan kekecilan atau kebesaran. Karena hal ini dapat membuat kaki lecet.
  • Jagalah agar aliran darah ke kaki anda agar tetap baik.  Angkatlah kaki saat duduk lalu gerakan jari-jari kaki selama kurang lebih lima menit.  Satu lagi, jangan melipat kaki anda dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Cara Pengobatan Semua Jenis Luka Diabetes

Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika sudah terkena luka diabetes akan sangat membebani. Apalagi ancaman akan amputasi kaki yang menghantui. Tapi kekhawatiran tersebut bisa diminimalisir segera berobat ke klnik khusus luka diabetis atau rumah khusus luka terdekat. atau bisa juga hubungi hotline kami di bawah ini. cara pengobatan kita dengan Herbal Tribee / Salep TTO. Kandungan salep tribee merupakan salep racikan dari herbal yang dibuat oleh Irma dan Sigit pada tahun 2012. Lalu di produksi oleh salah satu perusahaan herbal besar diindonesia. Salep ini mengandung Meleauca altermifolia ( Tea Tree Oil ) 2% merupakan tumbuhan yang memiliki kemampuan sebagai anti fungal, jamur, antimicrobial, antiviral, dan mempercepat proses inflamasi, mengandung juga Virgin Coconut Oil (VCO)/ minyak kelapa, Madu, dan campuran lainya.



















  
FUNGSI :
  1.   Memberikan kelembaban pada dasar luka yang berwarna hitam dan kuning sehingga terjadi proses Autolysis debridement.
  2.     Merangsang granulasi dan epitelisasi pada dasar luka berwarna merah.
  3.     Mencegah balutan menempel pada luka.
  4.     Membunuh kuman, virus, jamur.
  5.     Mempercepat proses inflamasi sehingga tanda-tanda inflamasi lebih cepat teratasi.
  1. Tutupi luka. Perban akan menjaga luka tetap bersih sekaligus mencegahnya dari bakteri. Bila luka sudah terlihat cukup sembuh dan tidak terkena infeksi, Anda dapat berhenti menggunakan perban karena udara segar akan mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan luka.
  2. Ganti perban. Berikan perban baru sekali sehari atau ketika perban lama basah atau kotor. 

HUBUNGI:

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Luka

 Jenis-Jenis Luka Berdasarkan Kondisi dan karakteristiknya luka dapat dibagi dalam beberapa jenis yaitu : 1. Luka Lecet 2. Luka Memar 3. Luka Robek 4. luka Tusuk 5. Luka Sengatan Listrik 6. dan Luka Bakar Penjelasan tentang jenis-jenis luka 1. Luka Lecet Luka Lecet adalah Luka Yang terjadi apabila adanya kerusakan pada bagian atas kulit, dapat ditandai dengan kulit menjadi kasar, memerah, berdarah, dan biasanya ada rembesaran cairan bening yang keluar dari kulit yang luka 2. Luka Memar Luka memar adalah Suatu kondisi yang disebabkan karena Rusaknya pembuluh darah atau robeknya pembuluh darah pada bagian tubuh tertentu sehingga darah meresap kejaringan sekitar, Luka memar biasanya akibat hantaman benda tumpul. bisa di tandai dengan lebam kemerahan karena akibat pendarahan dibawah permukaan kulit / jaringan. 3. Luka Robek/Sobek Luka Robek Adalah Luka yang terjadi karena rusaknya atau robeknya kulit bagian permukaan atau kulit beserta bagian jaringan dibawahnya. Penyebab luka ini bisa ter

Pengertian Luka

Pengertian Luka Luka adalah suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan atau hilangnya sebagian jaringan tubuh yang bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab seperti trauma benda tajam, benda tumpul, akibat perubahan suhu baik panas maupun dingin, akibat paparan zat kimia tertentu, akibat ledakan, gigitan hewan, sengatan listrik maupun penyebab lainnya. Penyebab luka  Secara garis besar penyebab luka di bagi menjadi tiga bagian yaitu:  fisik, mekanik, dan zat kimia 1. Penyebab luka Secara Fisik   - Karena Paparan Suhu        a. Suhu Panas        b. Suhu Dingin   - Karena Aliran Listrik 2. Penyebab luka secara Mekanik   - Luka karena Akibat trauma benda tajam   - Luka karena Akibat trauma benda Tumpul   - Luka akibat senjata api   - Luka karena bahan peledak 3. Penyebab luka karena Bahan Kimia tertentu   - Karena paparan zat Asam   - Karena Paparan Zat basa